Pages

Pentingnya Belajar Mengaji Bagi Anak

Mengajarkan sesuatu pada anak laksana mengukir pahatan dalam sebuah batu berbeda dengan mengajarkan kepada orang yang cenderung sudah besar / tua ibarat melukis pada air. Selain itu ada juga pepatah bijak mengatakan anak itu seperti kertas putih, apapun yang tertulis di sana akan terlihat, siapa penulisnya tentu adalah kedua orang tuannya.

Oleh karena itu, di waktu kecil anak harus dibekali dan ditanamkan nilai-nilai kebaikan, penuh ilmu dan kemanfaatan agar ia kelak setelah tumbuh besar nanti dapat menjadi anak yang membanggakan bagi dirinya sendiri, kedua orang tuannya, masyarakat, negara serta agamanya.


Salah satu pondasi / dasar nilai moral anak diajarkan melalui mengaji yang diawali dengan belajar tulis dan baca Al-qur’an, diajarkan baca dan memahami do’a-do’a sehari-hari mulai dari do’a sebelum dan sesudah makan, do’a sebelum dan sesudah tidur, dan do’a-do’a lainnya.

Selanjutnya anak-anak di tempat mengaji yang bagus juga diajarkan membaca dan memahami 2 (dua) kalimat Sahadat, tata cara berwudhu, sholat, puasa, bahkan simulasi ibadah Haji pun diajarkannya.

Oleh karena itu, tak ada pilihan lain bagi orang tua yang baik demi masa depan anaknya untuk segera mengalokasikan waktu, tenaga, serta biaya khusus agar anak dapat mendapatkan tempat mengaji yang berkualitas demi masa depan anak yang berkualitas pula.

Alya Nike Nugraha

Instagram